DIGITALINDO - PT Pelindo Solusi Logistik Adakan SPSL Customer Hearing 2024 di Bandung, Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan logistik dan hinterland, PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL), Subholding BUMN Kepelabuhanan Pelindo, menggelar SPSL Customer Hearing Tahun 2024 di Bandung pada 15-16 Agustus 2024. Acara tahunan ini bertujuan untuk mengapresiasi pelanggan kunci dan memberikan wadah bagi diskusi, masukan, saran, serta keluhan dari pengguna jasa.
Direktur Komersial dan Teknik SPSL, Ruri I. Rachmaputri, mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasi kepada para pelanggan yang telah setia menjalin kemitraan dengan SPSL Group, dengan beberapa di antaranya telah bekerja sama lebih dari 10 tahun. "Program SPSL Customer Hearing Tahun 2024 adalah wujud komitmen kami untuk meningkatkan pelayanan serta memperbaiki pengalaman pelanggan dalam berinteraksi dengan SPSL Group. Melalui acara ini, kami dapat langsung mengetahui kebutuhan, saran, dan keluhan pengguna jasa untuk memperbaiki kualitas layanan di masa mendatang. Kami percaya bahwa pelanggan adalah mitra sekaligus konsultan terbaik kami dalam mengembangkan layanan,” kata Ruri dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (28/8/2024).
Ruri menambahkan bahwa acara tersebut melibatkan pengguna jasa SPSL dan anak perusahaannya sebagai bagian dari evaluasi layanan perusahaan. Semua umpan balik dari pengguna akan dianalisis secara menyeluruh dan ditindaklanjuti oleh SPSL.
"Masukan dan keluhan dari pelanggan akan menjadi dasar untuk perbaikan layanan yang akan diintegrasikan ke dalam rencana kerja perusahaan, dengan tujuan menciptakan pelayanan unggul untuk memastikan kepuasan pengguna jasa," tegas Ruri.
Selama customer hearing, beberapa pengguna jasa memberikan saran dan pendapat. Maftuh dari PT Nustrans Anugerah Makmur (Saraswanti) memuji kinerja SPSL Group, menyatakan bahwa kerja sama dengan PT Multi Terminal Indonesia (PT MTI) berjalan baik, dengan personel di lapangan yang sangat membantu dan proaktif.
Zainal dari PT Indo Container Lines mengapresiasi pelayanan operasional SPSL Group namun berharap adanya peningkatan layanan yang lebih terintegrasi serta perbaikan infrastruktur, sarana, dan prasarana.
Rizal dari PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) Cabang Belawan mengungkapkan bahwa layanan Multimoda yang disediakan PT Prima Indonesia Logistik (PT PIL) dari Belawan ke Kuala Tanjung telah berdampak positif pada efisiensi biaya reposisi petikemas kosong dan berharap layanan ini dapat dipertahankan serta dikembangkan.
Ruri menegaskan komitmen SPSL untuk terus meningkatkan kinerja dan layanan logistiknya guna mencapai excellence and experience yang optimal bagi pengguna jasa. Salah satu langkah yang diambil adalah mengadopsi sistem teknologi untuk mendukung orkestrasi layanan logistik.
Dengan langkah-langkah inovatif yang diterapkan, SPSL berharap dapat menghadapi tantangan logistik global dengan lebih baik dan memastikan pengguna jasa mendapatkan layanan terbaik sesuai kebutuhan mereka. "Kami percaya bahwa teknologi akan membantu kami memberikan solusi logistik yang lebih efisien, efektif, dan responsif, serta meningkatkan kepuasan pelanggan," tambah Ruri.
Saat ini, SPSL, yang berfokus pada layanan logistik berbasis pelabuhan, juga sedang mengembangkan sistem layanan logistik yang mencakup 'customer portal' untuk integrasi layanan, termasuk pergudangan, lapangan, transportasi, dan layanan tambahan lainnya. Portal ini diharapkan mempermudah akses dan transparansi bagi pelanggan dalam memantau dan mengelola layanan logistik mereka.
"Melalui inovasi berkelanjutan dan fokus pada kepuasan pelanggan, SPSL bertekad untuk menjadi mitra logistik terpercaya yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan perdagangan di Indonesia," tutup Ruri.