Tersedia 6 Tol Gratis Saat Libur Lebaran 2024!!

DIGITALINDO - Pemerintah berencana membuka jalur tol yang berfungsi pada libur Idul Fitri tahun ini untuk mengurangi kemacetan di beberapa ruas tol. Jalur ini akan digunakan sebagai jalur pulang alternatif sekaligus mengurangi kemacetan. Namun, penting untuk dicatat bahwa plaza tol yang fungsional tidak tersedia 24 jam sehari.

 

Peraturan khusus berlaku pada pengoperasian jalan tol yang fungsional. “Jalan tol itu gratis dan dibuka secara fungsional, tapi biasanya tidak dibuka selama 24 jam, karena jalan tol yang berfungsi biasanya  masih belum lengkap dan belum terpasang seluruhnya,” kata unsur pemangku kepentingan Sony S yang merupakan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). seorang anggota. Wibowo, CNBC Indonesia, Selasa (26/3/2024). 

 

Sony menjelaskan, tol fungsional tersebut biasanya beroperasi mulai pagi hingga sore hari. Ruas tol tersebut akan ditutup total untuk lalu lintas pada malam hari. Biasanya hanya buka pukul 06.00 hingga 17.00. Jalan tol yang berfungsi pada malam hari ditutup untuk lalu lintas, tambahnya. Salah satu tol fungsional yang akan dibuka gratis pada libur Lebaran tahun ini adalah ruas Jakarta-Cikampek II Selatan sepanjang 61,8 km. Namun saat lebaran, tol ini hanya  beroperasi satu arah dan sebagian besar digunakan untuk lalu lintas dua arah. 

 

“Acara tersebut akan dilaksanakan satu arah saja, dari Bandung ke Purwakarta hingga Kutanegara dan hingga jalan raya negara, pengendara bisa turun di Karawang Timur atau Karawang Barat,” demikian isi berita acara, kata Direktur Jalan. Website Biro Pengaturan Jalan Tol (BPJT). ). Jakarta - Tol Cikampek II Selatan Paket 3 akan diuji fungsional  sepanjang 8,5 km  dari Sadan hingga Kutanegara atas kebijakan polisi saat Idul Fitri. 

 

"Saat ini pembangunan Paket 3 yang menghubungkan Sukabunga hingga Sadan (31,25 km) telah selesai dengan progres 86,08%. Ditargetkan penyelesaiannya pada triwulan III tahun 2024," kata Triono. Sementara itu, Head of Corporate Communications and Community Development Group  Jasa Marga Lissie Octaviana mengatakan, salah satu tol fungsional yang rencananya juga akan dibuka  adalah Solo-Yogyakarta-YIA Klongprogo (Yogya-Solo). Ruas Tol Kolomadu-Klaten. , panjang 100 meter adalah 22,3 kilometer.

 

“Hal tersebut sudah kami siapkan dan sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat. Mulai hari ini dijadwalkan H-5 atau 5 April, untuk memastikan pengguna atau pemudik yang melewati Yogya Solo tetap aman, kami jadwalkan mulai pukul 06.00 hingga 20.00. 5 sore'' Rencanakan perjalanan Anda. Bagian Fitur “Kami tidak buka malam ini,” kata Lizzie. 

 

Jalur  Tol Kolomadu-Klaten akan tersambung ke Tol Negara Jatinom-Boyolali dan selanjutnya ke Tol Nasional Jogja-Solo. Rute unggulan ini akan beroperasi pada WIB mulai pukul 06.00 hingga 17.00  pada Periode Kepulangan (5-11 April 2024) dan Periode Kepulangan (12-15 April 2024) dan dioperasikan oleh non-bus Kelas 1. Kendaraan bisa lewat. hanya.

 

Berikut Daftar Tol Gratis di Libur Lebaran 2024:

1. Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 28 (Cikeas - Cibitung) 19,65 Km
2. Tol Jakarta Cikampek II Selatan seksi Kutanegara - Sadang dengan panjang 8,5 Km
3. Tol Solo Yogyakarta NYIA Kulonprogo seksi Colomadu - Klaten dengan panjang 22,3 Km
4. Tol Bangkinang - Koto Kampar seksi Bangkinang-Koto Kampar dengan panjang 24,7 Km
5. Tol Kuala Tanjung Tebing Tinggi - Parapat Seksi 2 (Kuala Tanjung - Indrapura) dengan panjang 9,47 Km dan Seksi 3-4 (Tebing Tinggi Sinaksak) sepanjang 47,15 Km
6. Tol Indrapura Kisaran Seksi 2 (Lima Puluh Kisaran] dengan panjang 32.15 Km

 

PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan menambahkan 2 ruas tol lagi yang beroperasi gratis saat libur Lebaran, yaitu:

1. Tambahan 1 lajur fungsional atau dari 2 lajur menjadi 3 lajur di Jalan Tol Palikanci KM 208+150 sampai dengan KM 210+190 (sepanjang ±2,04 Km)
2. Fungsional akses tol KM 99 Jalan Tol Cipularang baik arah Jakata maupun arah Bandung

Sumber : cnbcindonesia.com



Relate Topics

Butuh Bantuan? Hubungi Kami di

021 - 2867 - 4849

Hubungi Kami