GOOGLE LUNCURKAN KEAMANAN API TINGKAT LANJUT

Pada 30 Juni 2022 yang lalu Google mengumumkan peluncuran sistem Keamanan API Tingkat Lanjut (Advanced API Security), sebuah sistem keamanan baru untuk menuju Google Cloud yang dirancang untuk mendeteksi ancaman keamanan yang terkait dengan API. Dibangun di atas Apigee, platform Google untuk pengelolaan API.

API adalah singkatan dari “application programming interface,” merupakan koneksi yang didokumentasikan antar komputer atau antar program komputer. Penggunaan API saat ini sedang meningkat, sebuah survei menemukan bahwa lebih dari 61,6% pengembang mengandalkan API pada tahun 2021 daripada pada tahun 2020. Namun mereka juga semakin sering menjadi target serangan entitas jahat. Menurut laporan tahun 2018 yang dibuat oleh vendor keamanan siber Imperva, dua pertiga organisasi yang menggunakan API mengalami kondisi yang tidak aman.

Advanced API Security mengkhususkan diri dalam dua tugas yakni mengidentifikasi kesalahan konfigurasi API dan memberikan tindakan yang disarankan saat mendeteksi masalah konfigurasi serta mengidentifikasi bot berbahaya dalam lalu lintas API.

Vikas Ananda, kepala produk di Google Cloud, mengatakan dalam posting blog yang dibagikan dengan TechCrunch.

“Keamanan API Tingkat Lanjut memudahkan tim API untuk mengidentifikasi proxy API yang tidak sesuai dengan standar keamanan. . . . Selain itu, Advanced API Security mempercepat proses mengidentifikasi pelanggaran data dengan mengidentifikasi bot yang berhasil menghasilkan kode respons status sukses HTTP 200 OK.”

Dengan peluncuran Keamanan API Tingkat Lanjut, Google tampaknya berusaha untuk meningkatkan daya saing dalam hal keamanannya di bawah Apigee yang diperolehnya pada tahun 2016 dengan harga lebih dari setengah miliar dolar.

Perusahaan juga menanggapi meningkatnya persaingan di segmen keamanan API. Startup yang menghadirkan produk keamanan siber yang berfokus pada API termasuk Salt Security, Noname Security, dan Neosec. Banyak vendor mapan telah memperluas penawaran mereka dalam beberapa tahun terakhir, termasuk Barracuda, Akamai, 42Crunch, Traceable, Ping Identity, dan Signal Sciences.

Referensi :

https://techcrunch.com/2022/06/30/google-launches-advanced-api-security-to-protect-apis-from-growing-threats/

Sumber :



Relate Topics

Butuh Bantuan? Hubungi Kami di

021 - 2867 - 4849

Hubungi Kami